by

Peluang Bisnis Menjanjikan di Bidang IT

Peluang bisnis menjanjikan di bidang IT, Belum lama ini Arga Dinata owner blog Teknovidia melaksanakan kongkow online bersmaa Peter J. Kambey yang merupakan brand Ambassador Niagahoster. Berikut rangkuman singkat dan padat terkait peluang bisnis yang menjanjikan di bidang IT.

Model Bisnis Produk IT

Transformasi digital yang setiap hari makin maju dan canggih memang memiliki banyak sekali manfaat untuk perkembangan dunia bisnis saat ini. Bisnis teknologi akan semakin menjanjikan, tambah bervariasi, dan prospek kedepan akan bisa berkembang.

Seperti halnya banyak perusahaan besar memberi gratisan pada suatu produk tertentu (gratis pada layanannya)

Selain model bisnis yang gratis, ada juga model konvensional (seperti jualan hardware, software). Contoh : dulu beli server agar bisa online website, sekarang dengan berlangganan niagahoster, web akan otomatis online, sehingga dapat menjangkau pasar secara lebih luas dengan website yg dibuat.

Baca juga: Rahasia Sukses di Blogger

Baca juga: Hanya Modal Nulis, Penghasilan Bisa Raup Milyaran

Gambaran Bisnis Software House

Software House : perusahaan yang bergerak dalam bidang software development. Jadi perusahaan yang produk utamanya adalah mengembangkan dan menyediakan software atau aplikasi.

Software house ada 2 macam :

  1. Yang dibuat dan dijualkan secara massal, contohnya microsoft office, canva
  2. Model Pesanan (customer / user memesan dulu keinginannya seperti apa), contohnya customer / user memesan untuk dibuatkan web, maka akan dibuatkan seperti keinginan customer / user

Software House dapat dikatakan menjanjikan bahkan bisa menjadi kesempatan besar untuk jangka panjang. Seperti halnya sekarang ini banyak perusahaan membutuhkan custom-custom aplikasi web yg tidak tersedia sebelumnya di perusahaan, sehingga dalam hal ini dapat terlihat bahwa prospek kedepan software house akan baik dan berkembang.

Baca juga: Apa yang terjadi pada janin saat berhubungan Sexual? Begini Jawabannya

Agency Digital Marketing

Agency Digital Marketing adalah agen baik perorangan atau perusahaan sebagai pihak ketiga yang membantu klien untuk membuat, merancang, dan mengelola kegiatan pemasaran digital. Pada umumnya meliputi Branding, SEO, Search Engine Marketing, Sosial media Marketing, Display Advertising, Content Marketing, dan Sosial Media Management.

Melihat dari data saat ini, UKM ada 60jt unit, faktanya hanya terdapat 15% yg sudah merambah ke dunia bisnis online. Jadi ada sekitar 50jt yang butuh untuk dilayani dan disitulah peluang digital marketing bisa memenuhi kebutuhan pasar UKM.

Sehingga dapat dikatakan pasti menjanjikan, karena bisnis digital marketing tidak hanya di kota besar seperti Jakarta saja, tetapi kota lain juga pasti bisa menjadi potensi bisnis yg terbuka lebar untuk dikembangkan.

Jadi Agency Digital Marketing tidak hanya trend saja tetapi bisa menjanjikan untuk kedepan dan akan menjadi peluang besar bagi banyak UKM yang belum menerapkan digital marketing secara online.

Baca juga: 5 Fakta Wikipedia yang Jarang Diketahui Orang, Oh Ternyata Begini

Perbedaan Hosting dan Domain

Hosting Domain ada kaitannya dengan website. Agar website bisa diakses oleh orang lain kita butuh namanya hosting domain

Domain itu tanda pengenal / alamat websitenya (seperti : .co.id, .com, .net,dll)

Hosting itu untuk menampung isi dari website, sebagai media atau tempat yang digunakan untuk menampung data-data yang diperlukan oleh sebuah website. Data yang tersimpan di dalam website tersebut terdiri dari berbagai macam data seperti file, gambar, email, ataupun aplikasi. Dan data-data tersebut memerlukan hosting agar website yang dimiliki bisa diakses oleh banyak orang dan agar sebuah website bisa menjadi sebuah website yang utuh.

*Jika diibaratkan seperti alamat rumah dan rumah itu sendiri Domain : alamat rumahnya

Hosting : tempat / wadahnya untuk kita taruh barang di rumah (bangunan fisik)

 Cara memanfaatkan hosting dan domain : bikin blog, coding, dll. Intinya banyak cara untuk memanfaatkannya. Kalau sudah punya hosting domain kita harus punya layanan yang dapat diakses oleh orang banyak bukan lagi hanya sebatas menulis curhatan pribadi saja. Tetapi bisa bikin produk yang bisa dibutuhkan oleh orang, seperti bisa buat aplikasi atau company profil yg memang dibutuhkan perusahaan sehingga dapat menghasilkan keuntungan.

NFT (Non Fungible Token)

Non-Fungible Token (NFT) merupakan sebuah aset digital yang mewakili barang berharga dengan nilai yang tidak dapat diganti atau ditukarkan (sebuah token digital)

Apalagi, setelah remaja Indonesia, pemilik akun bernama Ghozali Everyday menjadi heboh di media sosial, khususnya di situs penjualan karya digital berbasis NFT.

Prediksi NFT untuk jangka panjang, masih dapat dikatakan “belum tentu” karena fundamentalnya masih belum kuat, tetapi kalau mau memulai sekarang untuk mendapatkan uang dari sini boleh ikut karena kebetulan masih ramai.

Baca juga: Cara Mendidik Anak Sesuai Usia dan Fase Perkembangan yang Tepat

Resiko dalam NFT dan Dunia Bisnis

Untuk NFT, tidak ada resiko kalau mau berjualan dengan karya seni untuk dikoleksi sangat diperbolehkan dan belum ada sanksi atau aturan yang mengikat sampai saat ini.

Untuk berbisnis, pasti ada resiko.

Cara meminimalisir : cari mentor yg sudah berpengalaman dibidangnya, update info terbaru karena bisnis akan terus berkembang, selalu mau belajar (masuk dunia bisnis harus belajar juga tentang dunia marketing, pengetahuan SDM, leadership, rekrutmen karyawan, manajemen keuangan apabila sudah ada penghasilan)

Baca juga: Salima Mazari, Gubernur Perempuan Afghanistan Ditangkap Taliban

Skill untuk Bisnis IT dan Inovasi dalam Bisnis IT

Kalau mau terjun di dunia teknologi dan mau bertahan harus menjadi seorang spesialis. Tahun 2022 diharapkan tidak hanya memiliki satu skilll saja tetapi minim dua hingga tiga skill yang berhubungan. Kuncinya adalah kita mempunyai skill yang kita minati dan mau mengembangkan skill lain.

Cara berinovasi dalam bisnis IT : mau update teknologi terbaru, mengetahui apa yang dibutuhkan market saat ini, mengetahui kemana arah teknologi. Kuncinya adalah rajin membaca dan update trend ekonomi digital kearah apa sehingga inovasinya sesuai dengan yang dibutuhkan pasar.

Baca juga: 6 Penyebab Haid Tidak Lancar, Ladys Harus Tahu Ini

Tips Trik Terjun Di Dunia IT

  1. Tekun, karena bisnis tidak selalu sukses dalam hitungan hari. Saat ini masih sepi pelanggan harus terus dijalani, terus dilakukan
  2. Lakukan pekerjaan yg kita sukai, karna apapun yg kita sukai akan membuat daya tahan terhadap masalah akan lebih kuat. Contoh, kalau sudah cinta dunia marketing apapun yg terjadi di dunia marketing akan bisa terus berjalan

Baca juga: Arti Haid Menurut Hari dan Tanggal Pada Kalender Jawa Primbon

Baca juga: Atasi Muka Berminyak Menggunakan Tiga Bahan Ini